3 Tempat Tergelap, Terdalam dan Termisterius di Internet

Mungkin dapat dikatakan bahwa internet adalah lautan digital yang mana banyak terdapat tempat-tempat gelap dan mistrius di dalamnya. Bahkan dari tempat-tempat tersebut tidak dapat dicari dengan menggunakan mesin pencari seperti Google dan lainnya. Untuk mengaksesnya saja, diperlukan cara khusus, seperti memakai peramban yang lain dari browser pada umumnya dan banyak lagi.

Nah, berikut ini ada 3 tempat tergelap dan termisterius di internet yang mungkin kamu penasaran untuk dapat menjelajahinya di layarkaca21.

  • Deep Web

Deep Web

Deep Web adalah sebuah tempat yang berisikan konten-konten dan situs-situs gelap yang tidak dapat terindex oleh mesin-mesin pencari unggulan di dunia. Untuk dapat memasuki dan mengaksesnya, banyak orang menggunakan peramban khusus yang disebut dengan Tor agar dapat mengetahui konten dan setiap situs yang ada di dalamnya.

Walaupun dikatakan salah satu tempat tergelap di internet, namun ternyata ada banyak sekali situs-situs aneh yang ditemukan di dalamnya dan kebanyakan merupakan database sebuah hasil penelitian yang sengaja disembunyikan, situs-situs ilegal sampai dengan yang memiliki konten kekerasan dan pornografi.

  • Darknet

Darknet

Seperti halnya sebuah lautan, jika Deep Web sudah dikatakan sebagai tempat tergelap di internet, ternyata masih ada yang lebih gelap dan lebih dalam lagi, yaitu yang dinamakan Darknet. Jika Deep Web hanya tidak dapat terindex oleh mesin pencari saja, maka Darknet lebih ekstrem lagi, karena tidak dapat terindex oleh jaringan internet.

Berada di dalam internet namun tidak dapat terindex oleh jaringan internet karena jalurnya memang sangat anonim dan memiliki alur yang berbeda dengan internet pada umumnya. Contohnya, jika kamu login ke akun Facebook, maka secara langsung ada algoritma khusus yang digunakan untuk membuka akun tersebut dan semuanya akan tersimpan di dalam sistem yang mana diatur secara terpusat, yaitu di kantor Facebook itu sendiri, sedangkan Darknet tidak memiliki server khusus dan terpusat karena semua komputer merupakan pusatnya.

Setiap data yang didapat dari Darknet tentunya sudah terenskripsi yang mana hanya dapat dibuka oleh sang pengenkripsinya saja. Bahkan pihak-pihak yang ahli pun bakal kesulitan untuk membuka enskripsi data tersbeut. Untuk pengiriman datanya, komputer pengirim akan menggunakan beberapa komputer lain sebagai media transit yang mana setelah data sampai ke si penerima, maka tidak akan terlacak siapa yang mengirimkannya.

Kelebihannya, semua data akan sangat rahasia dan aman, namun hal minusnya adalah dijalankan dengan lebih ribet dari pengiriman data menggunakan jaringan internet pada umumnya dan juga lebih lambat karena membutuhkan proses yang berbelit.

Darknet ini rata-rata digunakan oleh para kriminal dan badan khusus dalam bertukar informasi karena sangat aman. Darknet juga terkadang dikenal dengan istilah Jalan Sutra atau Silk Road-nya internet.

  • Mariana Web

Mariana Web

Jika di dunia nyata ada palung terdalam di dunia yang terletak di bagian barat Samudera Pasifik atau sekitar 200 kilometer dari Kepulauan Mariana yang dikenal dengan nama Mariana Trench atau Palung Mariana. Selain terdalam, Mariana Trench juga diklaim sebagai tempat terendah di bumi.

Seperti halnya Mariana Trench, di internet sendiri juga mengenal tempat terdalam, tergelap dan terendah yang dinamakan Mariana Web. Walaupun penyebutannya sudah ada, namun keberadaannya dari Mariana Web sendiri sampai sekarang masih menjadi perdebatan. Kisah dan penyebutan Mariana Web pertama kali muncul di Reddit dan akhirnya memunculkan berbagai spekulasi dan teori.

Karena kedalamannya itu, maka belum ada software atau cara khusus untuk dapat menyentuh dasarnya dan mengetahui apa yang ada di dalam Mariana Web ini. Konon kabarnya, di dalam Mariana Web ini berisikan informasi yang sangat penting untuk manusia, termasuk lokasi tepat dari Atlantis.