4 Website Video Sharing Terkenal Selain YouTube

Tidak diragukan lagi jika sampai sekarang YouTube masih menduduki peringkat pertama sebagai situs video sharing yang ada di internet. Bahkan ada yang mengatakan popularitas YouTube sampai-sampai melampaui televisi. Memang cukup beralasan kenapa sampai ada anggapan seperti itu karena video-video yang diunggah di YouTube itu sangat menarik dan bahkan lebih menarik dari yang ditayangkan di televisi.

Namun selain YouTube, ada juga website-website sejenis yang memiliki popularitas tinggi atau berada tepat di bawah situs sharing video milik Google itu. Seperti apa situs-situs sharing video lain yang berada tepat di bawah YouTube itu? Berikut daftarnya.

Vimeo

Vimeo

Vimeo adalah situs video sharing terbesar dan terpopuler kedua di dunia setelah YouTube. Situs yang memiliki fungsi yang sangat sama dengan YouTube ini diciptakan oleh Zach Klein dan Jake Lodwick pada bulan November 2004 lalu. Kata Vimeo sendiri merupakan gabungan dari 2 kata, yaitu video dan me yang mana diciptakan oleh Lodwick.

Pada tahun 2006, Vimeo dibeli oleh InterActiveCorp (IAC) dan satu tahun setelahnya, Lodwick dan Klein memutuskan untuk keluar dari perusahaan yang mereka ciptakan itu. Vimeo juga support untuk 4 bahasa utama dunia, yaitu Inggris, Jerman, Spanyol dan Prancis. Dalam satu bulan, terdapat lebih dari 130 juta pengunjung yang mendatangi Vimeo.

Dailymotion

Dailymotion

Dailymotion adalah situs berbagi konten video yang berada tepat di bawah Vimeo dan YouTube tentunya. Dalam satu bulan, Dailymotion dikunjungi tak kurang dari 100 juta pengguna. Video sharing satu ini merupakan situs yang berasal dari Prancis yang mana diciptakan pada tanggal 15 Maret 2005.

Fungsi dan fitur-fitur yang dimiliki Dailymotion juga tidak berbeda jauh dengan apa yang dimiliki Vimeo dan YouTube. Untuk benar-benar mempoklamirkan diri sebagai salah satu situs sharing video terbesar dunia, maka per tahun 2009 lalu, Dailymotion menambahkan sekitar 160 ribu video baru setiap harinya dan juga bekerja sama dengan banyak perusahaan besar lainnya, seperti Showtime, HBO, Hulu, Netflix sampai dengan NBC.

Twitch

Twitch

Walaupun sama-sama menjadi satu situs sharing video, namun website yang bernama Twitch ini lebih menspesifikkan diri dalam urusan kontennya. Ketika banyak situs-situs yang lebih mengangkat tema bebas dan beragam, pengelola Twitch justru memfokuskan diri untuk menjadi situs video sharing khusus game.

Melalui layanan Twitch ini, banyak gamer-gamer di seluruh dunia yang memperlihatkan diri mereka ketika sedang bermain sebuah game online atau sejenisnya atau juga hanya sekadar ngobrol membahas masalah game. Bahkan tidak sedikit yang menjadi pembicara serta komentator untuk sebuah video game yang ditayangkan. Setiap bulannya, Twitch mendapatkan kunjungan sampai dengan 100 juta pengunjung.

Liveleak

Liveleak

Fungsinya mirip dengan kebanyakan situs sharing video pada umumnya, yaitu mempersilakan penggunanya untuk menggunggah video yang dimiliki, namun ada sedikit perbedaan dalam segi kontennya. Jika situs-situs video sharing seperti Vimeo atau YouTube dan Dailymotion lebih beragam konten video yang dimiliki, Liveleak lebih memfokuskan pada video-video yang berkaitan dengan kejadian langsung, cuplikan film, peristiwa terkini sampai dengan hal-hal yang ada hubungannya dnegna politik dan peperangan.

Tentu saja karena konten yang diangkat berhubungan dengan banyak pihak, maka tidak jarang justru video-video tersebut memicu kontroversi, seperti ketika ada yang mengunggah video terkait dengan peristiwa yang terjadi di Suriah atau Ukraina bahkan ISIS. Liveleak ini memiliki pengunjung rutin sebanyak 45 ribu dalam satu bulannya.