5 Negara dengan Kecepatan Internet di Atas Rata-rata

Apapun yang kamu lakukan sekarang, mulai dari menyiapkan atau sedang membangun startup baru, memulai karir secara freelance atau juga menikmati kebebasan bergaya hidup nomaden dari satu negara ke negara lain, tetap saja kamu butuh akses internet cepat untuk menjalankan aktivitas lainnya.

Hanya saja, tidak semua negara memiliki akses internet cepat karena disebabkan banyak faktor. Nah, inilah beberapa negara dengan kecepatan internet di atas rata-rata negara-negara lain di dunia.

  • Rumania

Rumania

Rumania adalah sebuah negara kecil yang berada di bagian timur Eropa. Walaupun kecil, namun kecepatan internet di negara tersebut termasuk urutan ke-5 di seluruh dunia. Kecepatan akses internet di Rumania tercatat sebesar 38,6Mbps. Aksesnya tersebut semakin cepat dikarenakan jumlah populasi penduduki di negara tersebut yang sangat terbatas membuat besaran kuota internetnya dapat digunakan banyak orang tanpa harus saling tarik menarik ke sana dan ke mari. Dikarenakan kecepatan internetnya itu, Rumania menjadi negara ke-6 sebagai negara yang lulusan IT-nya paling diakui dunia.

  • Norwegia

Norwegia

Dibandingkan dengan tahun 2017 lalu, kecepatan internet di Norwegia naik sebesar 23 persen. Sekarang ini, Norwegia menduduki peringkat 4 sebagai negara dengan kecepatan akses internet tercepat di dunia, yaitu sebesar 40,12MBps.

  • Denmark

Denmark

Pemilik urutan 3 sebagai negara dengan kecepatan internet di atas rata-rata didapatkan oleh Denmark. Negara satu ini memiliki kecepatan internet sebesar 43,99MBps yang mana artinya kamu dapat mengunduh film sebesar 5GB hanya dalam waktu 16 menit saja. Di Denmark, sudah ada separuh lebih masyarakatnya yang beralih menggunakan serta fiber daripada perangkat konvensional terdahulu. Yang lebih menarik lagi dari Denmark adalah bukan hanya mengenai kecepatan internetnya yang memang sangat tinggi, namun pemerintah negara satu ini juga menggratiskan biaya penggunaan internet di tempat-tempat umum, seperti pusat kota, bangunan pemerintah sampai dengan transportasi umum.

  • Swedia

Swedia

Masih berdekatan antara Norwegia dan Denmark, Swedia adalah salah satu negara di Eropa yang menduduki peringkat 2 sebagai negara dengan akses internet tercepat di dunia. Kecepatan internet di negara satu ini adalah 46,00MBps yang mana kamu dapat menonton film secara streaming tanpa terputus. Kecepatan internet di Swedia sangat tinggi dikarekanan pemerintah negara ini menginvestasikan perangkat dan peralatan serta kabel-kabel fiber optik berkualitas tinggi agar dapat membuat akses jaringan internetnya lebih stabil dan tentunya sangat cepat.

  • Singapura

Singapura

Urutan pertama sebagai negara dengan akses internet tercepat adalah Singapura. Negara mungil yang tidak lebih luas dari Pulau Madura ini memiliki tingkat perekonomian yang cukup stabil dan terus naik. Dikarenakan masalah perekonomian yang bagus dan juga infrastrukturnya yang tak kalah modern, serta jumlah populasi penduduknya yang tidak seberapa banyak, maka otomatis kecepatan internet di Singapura melebihi ambang batas maksimal dari kecepatan internet negara-negara lainnya, khususnya di Asia Tenggara. Kecepatan internet di Singapura adalah rata-rata sebesar 60,39MBps. Jadi dapat dibayangkan seberapa cepat untuk dapat mengunduh film atau software dengan besaran 50GB? Tentunya kurang dari 15 menit.

  • Lantas bagaimana dengan Indonesia?

Berdasarkan sebuah website berbasis di Inggris, cable.co.uk, Indonesia menduduki peringkat ke-83 dunia dengan kecepatan internet rata-ratanya sebesar 5,77MBps. Untuk mengunduh film sebesar 5GB dengan kualitas HD, maka dibutuhkan waktu selama 1 jam, 58 menit dan 17 detik. Walaupun begitu, jika dibandingkan dengan tahun 2017, terjadi sedikit peningkatan kecepatan internetnya, dari 5,19MBps menjadi 5,77MBps.