Alasan Mengapa Kualitas Konten Website Perlu Dioptimalkan

Untuk orang-orang yang memperhatikan perkembangan dunia website, tentu tidak akan terlepas dari bahasan konten dalam setiap web yang diunggah. Salah satu cara untuk membuat web mudah ditemukan saat seseorang menggunakan mesin pencarian google adalah dengan mengunggah konten sebanyak-banyaknya. Semakin banyak dan semakin sering suatu web mengunggah konten, maka akan semakin tinggi pula google dalam merekomendasikan website tersebut untuk  dijadikan sebagai pencarian teratas.

Namun, tidak hanya sampai pada intensitas pengunggahan konten saja. Ternyata setelah ditelusuri oleh beberapa ahli IT dan ditambah pengamatan tertentu, kualitas yang ada dalam konten pun turut mengambil andil yang cukup besar dalam menentukan eksistensi sebuah web. Google lebih menyukai konten yang bersifat orisinil daripada konten duplikat.

Hal ini telah banyak dibuktikan dengan fakta bahwa web dengan konten menarik yang asli akan ditampilkan pada pencarian teratas, sedangkan untuk web yang melakukan duplikasi akan diletakkan di bagian bawah dari pencarian. Nah, karena konten asli merupakan salah satu kriteria, maka harus dibahas pula tentang tingginya kualitas dalam konten tersebut.

Ternyata, hampir semua penelusur di google lebih menyukai konten yang sederhana namun sarat akan isi. Dan web yang mengunggah artikel yang demikian akan menuai banyak sekali pengunjung di setiap harinya. Sehingga, kualitas dalam konten artikel patut untuk mendapat perhatian khusus dari para pemilik web. Sebaiknya, perhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk mengunggah konten ke dalam web.

Pertama, pastikan konten sudah merupakan konten orisinil, karena sudah dibahas betapa pentingnya artikel yang orisinil seperti yang ada di atas.

Kedua, gunakan bahasa sesederhana mungkin walaupun isi dari kontennya adalah isi  yang cukup berat. Hal ini dikarenakan kita tidak bisa menyamaratakan bahasa yang digunakan untuk semua pengunjung web. Sehingga, agar semuanya mengerti, maka gunakan saja bahasa yang mudah dipahami.

Ketiga, gunakan akhiran konten yang berupa kesimpulan dari semua isi yang terdapat pada konten. Hal ini untuk mempermudah pembaca dalam melakukan kilas balik tentang apa saja yang sudah dibacanya di dalam konten tersebut. Jika artikel sudah memenuhi beberapa standar tersebut, maka artikel sudah dapat dikatakan berkualitas.

Kualitas konten website

Untuk membuat google lebih yakin dalam merekomendasikan web di pencarian teratas, maka bisa dilakukan dengan mengunggah sebanyak-banyaknya konten dengan kriteria tersebut. Setidaknya, hal ini bisa dilakukan satu kali dalam sehari. Tentunya jika bisa rutin mengunggah konten satu kali dalam sehari, maka google akan merekomendasikan web tersebut kepada para penelusur informasi di mesin pencarian.

Semakin sering maka semakin baik bagi web tersebut. Tentunya, jangan lupakan kualitas artikel karena kualitas turut mengambil porsi yang cukup besar di dalam penentuan konten yang diunggah. Salah satu tolak ukur apakah artikel berkualitas atau tidak adalah bisa dengan menggunakan kolom komentar agar para pembaca meninggalkan kesan dan pesan untuk isi artikel tersebut. Jika pembaca mengulas dengan baik, maka besar kemungkinan artikel sudah ada dalam garis kualitas tinggi. Begitu pula bila sebaliknya, maka bisa digunakan untuk sarana memperbaiki konten di kemudian hari.

Bukan hal yang sulit untuk meningkatkan kualitas konten suatu  web, hanya diperlukan kesabaran dan ketelitian khusus dalam memilih dan memutuskan untuk mengunggah konten tertentu. Harapannya, dengan tingginya kualitas konten maka tinggi pula pengunjung yang akan datang di setiap harinya.