Amerika dan China Diprediksi Menjadi Leader Internet di Tahun 2028

CEO Google yang kini memiliki tugas sebagai seorang eksekutif perusahaan induk dari Google, Eric Schmidt, mengatakan bahwa 10 tahun yang akan datang internet akan terbagi menjadi dua cabang, yaitu cabang pertama akan dipegang oleh pihak Amerika Serikat, kemudian cabang kedua Akan dipegang oleh pihak Cina.

Dirinya membagi pemikiran tersebut di dalam acara privat yang diadakan oleh perusahaan investasi di San Francisco beberapa waktu lalu. Perusahaan tersebut merekrut berbagai tokoh besar dalam teknologi, termasuk bill gates, diane green, untuk menjadi mitra terbatas mereka. Lalu apa saja prediksi dari mantan petinggi di Google ini? Berikut adalah deretan prediksi yang diungkapkannya.

  • 10 tahun mendatang, internet bukannya terpecah namun Bercabang menjadi dua bagian

Dirinya mengatakan bahwa skenario yang dirinya pikirkan mengenai Internetnya itu bukan terpecah nya internet, namun internet akan Bercabang. Internet ini nantinya akan dipimpin oleh Cina serta internet non Cina yang akan dipegang oleh pihak Amerika.

  • Internet di Cina mempunyai persentase besar yang berasal dari produk domestik bruto china

Ketika dirinya mengunjungi China, dilihat dari segala perusahaan, layanan, serta kekayaan yang dibangun oleh Cina sendiri sangat fenomenal. Dirinya juga memberikan pujian kepada produk serta layanan yang diberikan oleh perusahaan perusahaan Cina. Apa yang dibutuhkan perusahaan tersebut tentunya akan menjadi sangat masuk akal dan dapat menjadi bagian dari internet dalam waktu yang relatif singkat. Internet di Cina sendiri mempunyai persentase yang besar yang berasal dari produk domestik bruto China dan persentasinya sendiri dapat dikatakan sama besar dengan milik Amerika Serikat.

Leader Internet dunia
  • Kemungkinan kebebasan pengguna untuk memakai internet karena banyak dikontrol serta disensor

Salah satu Sisi negatif dari Cina ketika menguasai internet adalah permasalahan kebebasan bagi para penggunanya. Pengguna cenderung tidak bisa melakukan Eksplorasi maksimal dan bisa jadi negara negara lain akan melakukan adopsi infrastruktur Cina yang memiliki proses ketat dalam sensor dan juga kontrol. Percabangan ini sendiri dikatakan akan terjadi pada dekade yang akan datang. Ini merupakan berita baik karena internet dapat lebih besar jaringannya. Walaupun demikian, bisa juga ini merupakan kebijakan yang nantinya bisa menuai pro kontra Bagi negara lain.

Tentunya memiliki jaringan internet yang jual lebih luas merupakan hal yang sangat Didambakan oleh para pengguna internet. Dengan demikian, mereka bisa melakukan Eksplorasi penuh serta maksimal dalam menggunakan internet. Namun perlu diperhatikan juga ketika proses percabangan itu terjadi, maka kemungkinan besar kebebasan seseorang juga bisa terbatas. Akan ada beberapa situs atau kata kunci tertentu yang tidak bisa ditemukan karena sudah dikontrol oleh pihak pihak tertentu.