Berikut Panduan Memilih Niche Terbaik Bagi Anda

Berikut Panduan Memilih Niche Terbaik Bagi Anda – Ketika anda mulai menjadi seorang blogger atau pengelola website aktif, anda perlu memikirkan dengan matang apa yang akan menjadi konten anda. Penggunaan niche tentu akan sangat membantu anda dalam memusatkan topik apa yang anda tulis. Namun memilih niche juga tidak bisa sembarangan pilih, anda harus mempertimbangkan berbagai hal agar tulisan anda diterima oleh para pembaca dan juga menarik bagi anda. Anda harus mempertimbangkan sudut pandang dari pembaca, bukan hanya sudut pandang dari sisi anda saja. Anda juga harus menganalisa apa yang kira – kira akan nyaman di sisi para pembaca anda.

Jika anda tidak mempertimbangkan hal tersebut, maka akan besar kemungkinan blog anda tidak memiliki pengunjung atau sepi. Untuk menghindari hal tersebut, maka akan baik bagi anda untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara untuk memilih niche yang baik dan juga tepat. Berikut adalah beberapa langkah memilih niche yang baik :

Berikut Panduan Memilih Niche Terbaik Bagi Anda

  • Pilihlah niche yang sesuai dengan minat anda juga nada kuasai, namun jangan memilih niche yang rumit. Jika niche anda terlalu rumit, maka akan mempengaruhi minat pembaca. Sebisa mungkin gunakan niche yang ringan namun berbobot, dengan cara penyampaian atau gaya tulisan yang informatif dan tidak berbeli – belit.
  • Menggunakan Google Adwords Keyword Planner. Google Adwords Keyword Planner merupakan salah satu tools yang me riset niche apa yang paling disukai di dunia internet dan yang paling banyak dicari. Dengan menggunakan Google Adwords Keyword Planner, maka ankan mempermudah anda menemukan topik yang menarik dan bisa menjadi bahan tulisan anda.
  • Jika anda menjadi seorang pengelola blog dengan tujuan mencari penghasilan, maka anda dapat memilih niche yang dapat di monetize ( di uang kan ). Anda dapat melakukan blog walking ( melihat – lihat blog lain ) yang memiliki jaringan periklanan di dalamnya. Jika menurut anda niche anda juga menarik dan dapat menghasilkan banyak pengunjung, maka anda dapat mendaftarkan niche anda pada Google Adsense dengan menggunakan layanan PPC. Jika blog anda lolos dan diterima, maka anda dapat menjadi publisher dari iklan Google. Jika semakin banyak pengunjung yang datang serta men klik iklan tersebut, maka kemungkinan mendapatkan penghasilan yang lebih besar juga bisa anda dapatkan.
  • Jika anda cenderung bingung dan masih memiliki banyak pilihan niche di dalam otak anda, maka anda perlu mempersempit pilihan niche anda. Dari banyaknya pilihan anda, pilihlah niche yang menurut anda paling anda kuasai dan juga anda minati, lalu lihatlah apakah niche tersebut juga diminati oleh orang lain. Setelah kedua langkah tersebut, anda bisa memaksimalkan blog yang anda kelola dan menciptakan banyak pengunjung.
  • Anda perlu melakukan analisa kepada kompetitor yang memiliki niche yang sama dengan anda. Anda dapat menganalisa dengan mengetik niche tersebut dalam mesin pencarian di Google dan pilihkan 3 sampai 5 blog yang muncul di deretan teratas. Anda kemudian dapat mempelajari blog tersebut dan menganalisa kira – kira apakah yang membuat blog tersebut banyak diminati oleh para pengunjungnya.