Cara Instal Tema Sparkling Untuk Website Anda Part 2

Baru saja kita memberikan cara instal tema Sparkling part 1, kali ini kita akan membagikan tentang lanjutan cara instal tema Sparkling ini di website anda agar terlihat tampilannya mirip dengan bentuk yang ada dalam tema yang sudah tersedia sehingga memudahkan pengguna menggunakannya. Berikut ini lanjutan caranya.

1. Kustomisasi

Ada beberapa penyesuaian yang tersedia untuk tema ini via Appearance >> Customize >> Sparkling Options. Anda bisa mengubah unsur warna, warna link, gaya menu header, warna footer, warna link sosial dan banyak aspek lainnya. Jika Anda merasa tidak dapat melakukan sesuatu melalui antarmuka web, mohon beritahu kami melalui Forum Dukungan.

2. Cara Nonaktifkan Komentar untuk Halaman / Posting

Cara Nonaktifkan Komentar

– Buka halaman tertentu yang ingin Anda matikan komentar melalui dashboard WP.
– Cari kotak Diskusi di bawah kotak editor posting.
– Ini mungkin dinonaktifkan namun Anda dapat mengaktifkannya melalui Screen Options di sudut kanan atas layar edit Post / Page.
– Hapus centang “Allow Comments” di kotak Diskusi dan tekan Update.

Untuk menonaktifkan Komentar pada posting “secara global”. Buka Pengaturan – Diskusi – dan hapus centang “Izinkan orang mengirim komentar ke artikel baru”. Ini akan berlaku untuk posting baru. Pos yang sudah dipublikasikan tidak akan berubah dan masih akan ada bagian komentar terbuka.

3. Ukuran Gambar yang Disarankan

Gambar Unggulan (Blog dan Single Post) diatur ke 750 x 410 piksel.
Gambar Slider Unggulan. Secara pribadi saya menggunakan gambar 1920 x 550 piksel untuk Sparkling Demo namun Anda merasa bebas untuk menggunakan ukuran gambar lainnya. Gambar tidak akan diskalakan dan Anda akan mendapatkan apa yang Anda upload.

Tolong dicatat! Gambar untuk slider tidak diubah ukurannya dan ditampilkan dengan ukuran yang sama dengan yang Anda unggah. Gambar lainnya seperti gambar unggulan untuk posting diubah ukurannya secara otomatis saat Anda mengunggahnya.

4. Cara memasang Blog Page

Blog harus ditampilkan secara default di halaman depan. Jika Anda telah memilih untuk menggunakan Home Page sebagai statis seperti yang saya miliki di Theme Demo Anda harus mengatur halaman blog secara terpisah.

– Buat halaman baru dan beri nama “Blog” atau apapun yang anda rasa benar.
– Buka Pengaturan – Membaca dan pilih “Halaman statis (pilih di bawah)”
– Sekarang pilih halaman yang telah dibuat sebelumnya sebagai “halaman posting:”

5. Terjemahan

Tema Sparkling adalah terjemahan siap dan memiliki file terjemahan yang disertakan. Silakan lihat tutorial ini tentang cara menerjemahkan tema WordPress ini atau tema WordPress lainnya. Setelah Anda menerjemahkan Sparkling, kirimkan file terjemahan untuk digunakan dan kami akan memasukkannya ke dalam pembaruan tema berikutnya. Kami sangat menghargai kontribusi anda! Anda juga akan mendapatkan fitur di situs kami dan pemasangan tema itu sendiri.

6. Galeri Halaman

Halaman galeri seperti pada Sparkling Demo dibuat menggunakan plugin Jetpack, yang dikembangkan oleh tim yang sama yaitu di belakang WordPress itu sendiri.

– Download dan instal Jetpack.
– Aktifkan fungsi yang disebut “Tiled Galleries” melalui dashboard WordPress – Jetpack.
– Buat Postingan / Halaman seperti biasanya.
– Buat galeri WordPress dan setel Ubin Mosaic di bawah Pengaturan Galeri di sisi kanan Galeri Edit Layar.
– Sekarang buat galeri itselft (lihat video di bawah)

7. Hak Cipta Footer

Kami mempermudah untuk mengubah informasi Footer Copyright untuk tema ini. Anda bisa mengubahnya di Appearance >> Customize >> Sparkling Options >> Footer. Formulir ini mendukung HTML untuk URL dan format lainnya. Anda juga dapat mengubah latar belakang Footer, teks, warna link melalui Theme Options.

Hak Cipta Footer

8. Panggilan untuk Bertindak

Fitur ini dinonaktifkan secara default dan Anda dapat mengaktifkannya melalui Appearance >> Customize >> Sparkling Options >> Action Button. Bagian terpenting dari bagian ini adalah Teks, Tombol dan Link dimana tombol ini akan mengarahkan pengunjung Anda saat diklik. Di bawah Anda akan menemukan beberapa pemetik warna untuk menyesuaikan area ini, tapi hanya opsional dan area ini akan terlihat menakjubkan (seperti di demo tema) tanpa penyesuaian apapun.

Panggilan untuk Bertindak

9. Ikon Media Sosial

– Buat menu baru di dashboard WordPress >> Appearance >> Menus
– Pastikan untuk menggunakan URL profil sosial sebagai “Tautan Khusus” di dalam Menu.
– Tema ini mendukung Twitter, Facebook, Flickr, Google+, Dribbble, Tumblr, Pinterest, LinkedIn, Instagram, Vimeo, Skype, Github, Foursquare, SoundCloud, Spotify dan Email.
– Setelah selesai dengan item menu (Social Profiles) Anda harus memilih “Theme Location” untuk menu sebagai “Social Menu”. Untuk info lebih lanjut silahkan lihat gambar di bawah ini.
– Ikon Media Sosial secara default akan muncul di footer namun Anda juga bisa menggunakan “Sparkling Social Widget” untuk menambahkannya ke Area Widget lainnya.

Ikon Media Sosial

10. Area Widget

Ada 3 area widget dengan total 7 blok widget. Satu area adalah untuk Front Front statis (jika ada yang digunakan), yang kedua adalah untuk sidebar biasa dan yang ketiga adalah untuk area widget footer. Semua area widget ini memiliki widget tanpa batas.

Area Widget

 

2 thoughts on “Cara Instal Tema Sparkling Untuk Website Anda Part 2

  • tampilannay sederhana tapi ok bangt yah kalo uda jadi.
    masih ada yang lain g min? di tunggu loh kl ada min.

Comments are closed.