Desain Untuk Website Toko Online Agar Terlihat Menarik

Untuk sebuah web, tentu tidak akan terlepas dari jenis desain yang dimiliki website tersebut. Tentunya pembaca akan menilai seberapa menarik desain website dan memutuskan apakah akan menyukai web tersebut atau tidak. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa selera netizen cukup tinggi dalam menilai sebuah web tertentu.

Sehingga, untuk meningkatkan traffic web, perlu diperhatikan kiat-kiat untuk meningkatkan desain website agar terlihat menarik dan efektif bagi para pembaca. Dengan menggunakan desain yang menarik, maka web pun akan banyak dikunjungi dan menjadi web rekomendasi pertama google dalam mesin pencarian. Sebaliknya, web yang memiliki desain biasa saja akan membuat web tersebut bukan web yang direkomendasikan google karena tidak banyak pengunjung yang menyukai desainnya.

Terutama untuk bisnis toko online. Pelanggan adalah nyawa dari bisnis toko online, sehingga dalam menentukan desainnya pun harus disesuaikan dengan kriteria yang telah diberikan oleh kebanyakan pembeli. Sangat penting bagi pemilik website untuk menentukan dengan teliti seperti apa desain web nya, dan tentunya harus disesuaikan dengan jenis barang yang dijual. ada beberapa kiat untuk membuat web toko online terlihat menarik yang akan dibahas seperti di bawah ini.

Pertama, gunakan lay out yang menarik dan mudah untuk digunakan pembaca. Hal ini karena berhubungan langsung dengan cara pembaca untuk mengakses halaman yang berisi barang yang disukai. Sehingga, gunakan lay out yang menarik agar pembaca dapat mengakses dengan mudah. Kedua, siapkan jenis desain yang mobile friendly. Tidak hanya indah dipandang lewat pc saja, namun sebaiknya desain web dalam ponsel juga harus diperhatikan.

Design Web Menarik

Hal ini karena sebagian besar pelanggan akan membuka web toko online dari ponsel saja, sehingga bila dari ponsel sudah cukup baik dan menarik tentunya pelanggan akan setia dalam berbelanja di toko online itu. Kemudahan akses menggunakan ponsel juga harus diperhatikan, jangan sampai pelanggan justru kesulitan ketika mengakses web lewat ponsel. Ketiga adalah gunakan warna latar belakang yang pas.

Warna ini bisa dikaitkan dengan jenis barang yang dijual. Misal, pemilik web toko online akan menjual fashion wanita, maka bisa memilih warna latar belakang pink untuk membuat pelanggan betah berlama-lama mengunjungi web tersebut. Jika menjual otomotif seperti mobil maupun kendaraan, maka bisa memilih warna yang lebih elegan dan menampakkan citra otomotif pada web, seperti warna cokelat maupun warna hitam. Selain itu, warna kolom, font, maupun unsur warna lainnya juga harus disesuaikan dengan konten agar lebih indah dilihat dan tampak berkesinambungan.

Untuk jenis font yang dipilih, maka ini juga harus disesuaikan dengan jenis barang yang dijual. Untuk barang-barang wanita, maka pilih saja font yang sifatnya bersahabat dan akrab. Bila untuk toko pria, maka bisa memilih font yang gagah dan berani. Untuk web profesionalitas, maka pilih saja font yang tegas dan profesional agar semakin menampakkan tujuan dari pembuatan web tersebut.

Dengan menerapkan beberapa desain dasar untuk web seperti di atas, maka web pun akan lebih mudah dalam menyampaikan tujuan dan maksud kepada para pembaca. Jika desainnya menarik, pembaca pun akan menyukainya dan secara otomatis akan membuat pembaca menandai dan mengunjungi web itu lagi di kemudian hari. Itulah ulasan singkat mengenai pentingnya desain pada web bagi kelangsungan eksistensi toko online di dunia maya.