Indonesia jadi Negara Pengguna Internet Terbesar ke-6 di Dunia

Walaupun belum semaju negara-negara besar di Eropa, namun siapa sangka Indonesia ternyata masuk 10 besar negara dengan pengguna internet terbesar di dunia, tepatnya menduduki peringkat ke-6 di atas Rusia, Jerman, Meksiko dan Nigaria.

Hal tersebut berdasarkan data yang dimiliki oleh periset eMarketer. Dalam penelitian dan surveinya, pihak eMarketer menuliskan bahwa terjadi peningkatan jumlah pengguna internet yang cukup tinggi dari tahun 2013 sampai tahun 2018 di Tanah Air.

Pada tahun 2013, pengguna internet di Indonesia hanya sekitar 72,8 juta saja dan kemudian meningkat menjadi 83,7 juta pada tahun 2014. Di tahun 2015 terjadi peningkatan lagi menjadi 93,4 juta yang akhirnya menjadi 102,8 juta di tahun 2016. Pada tahun 2017, lonjakan jauh terjadi mencapai 112,6 juta pengguna dan kembali melonjak cukup jauh lagi sampai 123 juta pada tahun 2018 ini.

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), selama tahun 2017 kemarin, berdsarkan survei dan penelitian yang dilakukan, jumlah pengguna internet mobile di Tanah Air mengungguli pengguna internet yang memakai PC. Dan untuk tahun 2018 ini, diperkirakan sampai akhir tahun, jumlah pengguna mobile internet di Indonesia akan berlipat ganda dibandingkan tahun 2017 dan semakin jauh meninggalkan pengguna internet berbasis PC.

Banyaknya pengguna mobile internet di Indonesia ini diiringi dengan banyaknya perangkat mobile atua smartphone yang dijual bebas di Tanah Air. Harganya pun cukup terjangkau serta fungsi dari smartphone itu sendiri sudah menyamai apa yang dimiliki oleh PC, serta sangat ringkas dan portabel untuk dibawa ke mana-mana. Oleh karenanya, banyak orang yang lebih suka beraktivitas dan mengakses internet menggunakan smartphone mereka masing-masing.

Selain membeberkan masalah peningkatan pengguna mobile internet, pihak APJII juga mengatakan bahwa pria masih mendominasi wanita sebagai pengguna internet baik yang menggunakan perangkat mobilenya atau yang memakai PC. Tercatat ada 47,5 persen total pengguna internet wanita pada tahun 2017 kemarin dan 52,5 persen pengguna pria.

Internet Indonesia

Para pengguna internet terbesar juga masih sama dan didominasi di wilayah Pulau Jawa dengan total 63 persen dan kedua berada di wilayah Sumatera kemudian Sulawesi untuk urutan ketiga. Papua menduduki urutan terakhir sebagai pulau dengan jumlah pengguna internet terbesar di Tanah Air.

Terlepas dari jumlah pengguna internet di Indonesia, untuk urutan teratas sebagai negara dengan pemakai dan pengguna internet terbesar di dunia adalah Cina dengan total 777 juta orang yang diperkirakan akan terus meningkat sampai akhir tahun 2018 ini. Nomor 2 adalah Amerika Serikat dan ketiga adalah India. Brasil menduduki peringkat ke-4 dan kemudian Jepang ada di posisi ke-5.

Uniknya, justru banyak negara-negara besar lainnya, seperti Rusia, Jerman, Inggris, Prancis, Italia, Spanyol sampai dengan Argentina berada di urutan kesekian sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia. Padahal jika dibandingkan dengan Indonesia, kecepatan internet dan kebebasan dalam mengakses segala situs di negara-negara tersebut lebih bebas dan leluasa.

Pertumbuhan pesat dari Indonesia tersbeut menurut pakar analisis dari eMarketer, Monica Peart, tidak lepas dari semakin bagusnya infrastruktur internet dan jaringan di Tanah Air serta koneksi broadband mobile yang sangat terjangkau. Bahkan Monica mengatakan bahwa Indonesia ada kemungkinan akan naik peringkat dan mengungguli beberapa negara lain dalam beberapa tahun lagi mengingat laju pertumbuhan pengguna internetnya yang terus melejit dari tahun ke tahun.