Jenis – Jenis Niche di Dalam Blog dan Cara Menguangkannya

Niche blog merupakan salah satu kunci penting dalam pembangunan suatu blog. Jika anda berhasil membuat niche blog yang menarik dan mengoptimalkan nya, maka blog tersebut juga akan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak. Selain itu, niche blog juga dapat di monetize atau di uang kan.Berikut adalah uraian macam – macam atau jenis dari niche blog yang bisa anda terapkan dalam blog anda bersama dewa poker :

 

Jenis – Jenis Niche di Dalam Blog dan Cara Menguangkannya

  • Whole niche, yaitu merupakan niche pada suatu blog yang cakupan bahasannya adalah seluruh topik. Misalnya pada blog anda membahas topik mengenai komputer. Maka di dalam blog anda, anda akan membahas mulai dari sejarah nya, perkembangan dari masa ke masa, teknologi terkini nya, dan bahasan lain yang relevan.
  • Broad niche, yaitu merupakan niche pada suatu blog yang cakupan bahasan nya bukan secara menyeluruh, namun sebagian besar dari topik yang digunakan. Misalnya anda membahas seputar menjadi seorang blogger, maka broad niche ini akan membahas bagaimana tata cara yang benar menjadi seorang blogger, serta bagaimana mendapatkan penghasilan melalui karir sebagai blogger.
  • Themed niche, yaitu merupakan niche pada suatu blog yang cakupan bahasan nya sudah terarah pada satu topik tertentu saja. Jika anda membahas tentang penulis ( writer ), maka anda akan membahas mengenai bagaimana search engine optimization ( SEO ) sebagai seorang penulis saja.
  • Micro niche, yaitu merupakan niche pada suatu blog yang cakupan bahasan nya sudah lebih mendetail dan lebih sempit dibandingkan dengan themed niche. Misalnya jika anda membahas mengenai penulisan SEO, maka anda akan fokus pada bagian kata kunci ( keywords ) saja.

Niche dalam blog juga dapat di monetize ( di uang kan ). Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk me monetize niche di blog anda :

  • Menjual E-book. Densgan menjual e-book dalam niche blog anda ( e-book yang relevan dengan niche ), anda dapat menghasilkan uang di dalamnya. Tentu anda harus menghadirkan tulisan yang menarik dalam niche blog anda agar orang tertarik untuk mengaplikasikan nya dan membeli e-book tersebut.
  • Menjual jasa terkait niche. Misalkan niche dalam blog anda membahas mengenai penulis artikel dengan SEO yang optimal. Anda bisa menyematkan di dalamnya jasa untuk membantu para readers yang tengah membutuhkan penulis untuk keperluan mereka. Dengan memberikan penawaran jasa yang relevan dengan tulisan anda, maka akan memudahkan anda dalam menghasilkan uang dari blog anda.
  • Menyertakan layanan iklan PPC di dalam blog anda. Jika anda merupakan penulis blog dengan konten Indonesia, maka anda bisa memanfaatkan iklan PPC lokal, namun jika anda merupakan penulis dengan blog internasional, anda dapat juga memanfaatkan iklan PPC luar negeri.

Demikian beberapa jenis niche yang bisa anda terapkan dalam blog anda dan juga beberapa cara atau alternatif yang dapat anda lakukan untuk me monetize blog anda sehingga menjadi blog yang menghasilkan bagi anda. Semoga bermanfaat !