Langkah – Langkah Menentukan Niche dengan Tepat

Langkah – Langkah Menentukan Niche dengan Tepat – Pembahasan ini merupakan pembahasan yang penting untuk diketahui oleh pembuat blog atau website pemula. Dengan mengetahui langkah – langkah yang tepat dalam merumuskan pembuatan niche, maka akan mempengaruhi performa dari blog atau website yang anda kelola.

Sekedar pembahasan singkat, niche merupakan suatu topik yang hendak dibahas dalam suatu tulisan. Ini menjadi penting karena memiliki tujuan agar tulisan yang anda ciptakan tidak terlalu melebar dan bisa fokus terhadap satu bahasan tertentu saja.

Langkah – Langkah Menentukan Niche dengan Tepat

Biasanya ketika para newbie ( pemula ) tidak merumuskan niche mereka dengan baik, mereka akan mengalami kegagalan dalam 2 hingga 3 bulan pertama. Bahkan ada pula yang telah gagal dalam 1 bulan pertama percobaannya. Kesalahan dalam pemilihan niche ini memang bisa berakibat fatal terhadap lalu lintas ( traffic ) pembaca ke dalam blog atau website mereka. Jadi dapat disimpulkan bahwa niche merupakan sesuatu yang sangat penting dan menjadi komponen utama ketika blogger hendak mulai menulis.

Sebenarnya untuk menentuka niche website atau blog sendiri bukanlah hal yang rumit atau sulit untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa langkah jitu untuk menentukan niche dalam website atau blog dengan tepat :

  1. Buatlah niche blog yang sesuai dengan hobi atau minat anda.
  2. Pilihlah niche yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang tengah anda jalani.
  3. Perhatikan isu – isu terkini dalam menentukan niche dalam website atau blog.
  4. Carilah niche yang sesuai dengan minat masyarakat yang tengah berkembang.
  5. Gunakan satu topik yang pasti dalam pemilihan niche dalam website atau blog.
  6. Carilah informasi via Google mengenai niche dalam website atau blog apa yang diminati dan sering dikunjungi.
  7. Pantau trending topic baik di media sosial atau di sumber lainnya untuk digunakan sebagai niche dalam website atau blog anda.
  8. Gunakan niche dalam website atau blog yang dianggap abadi ( misalnya teknologi, emas, dan lain sebagainya ).
  9. Hindari niche dalam website atau blog anda yang membahas tentang SARA, judi, dan topik sensitif lainnya.

Demikian adalah beberapa niche yang dapat anda gunakan dalam website atau blog yang anda akan kelola. Anda juga bisa menambahkan referensi lain dengan banyak membaca agar mengetahui niche dalam website atau blog seperti apa yang banyak dikunjungi oleh masyarakat.

Penggunaan niche dalam website atau blog yang tepat juga akan membantu anda memperoleh pembaca yang banyak yang dapat meningkatkan traffic dalam website atau blog yang anda kelola sehingga memungkinkan bagi anda untuk menggunakan website atau blog seputar hal – hal yang berkaitan dengan bisnis dan mampu menunjang pendapatan anda. Semoga langkah – langkah diatas dapat membantu anda.

Jangan lupa untuk menampilkan konten dalam website atau blog anda yang memiliki manfaat dan dapat menjadi informasi bagi orang yang membacanya. Hindari konten dalam website atau blog yang berbau kritik terhadap satu golongan tertenu atau hal sensitif lainnya. Hal ini untuk mencegah isu – isu negatif berkembang dan juga mencegah pembaca anda beralih ke dalam website atau blog lain.